Tuesday, May 25, 2010

Pengganti Camilan, Cokelat Hirup

Unik tapi Fakta - Kabar gembira untuk Anda para penggila cokelat, tetapi sering khawatir dengan kandungan kalorinya. Kini telah diciptakan cokelat hirup yang memuaskan keinginan mengudap tanpa perlu merasa bersalah.


Orang yang punya kebiasaan ngemil berlebihan (craving) sering kali tak bisa menahan keinginan mulut untuk terus mengunyah. Sayangnya, kebiasaan ini berakibat pada naiknya angka timbangan berat badan.

Dengan cokelat hirup ini sensasi kenikmatan saat mengunyah cokelat tetap akan terpuaskan. David Edward, profesor dari Harvard yang menciptakan spray (penyemprot) cokelat aerosol yang disebut Le Whif ini mengatakan, para penikmat cokelat tak perlu khawatir lagi dengan kandungan kalori yang dimiliki cokelat

"Le Whif merupakan pendekatan baru dalam hal makanan, yakni dengan menghirup," kata Edward. Dengan cara ini, kita bisa merasakan makanan tanpa perlu mengunyahnya. "Saat Anda menghirup, aroma cokelat akan segera larut dan lidah akan terlapisi rasa cokelat yang khas," katanya.

Ia menambahkan, partikel yang berasal dari penyemprot cokelat ini cukup kecil untuk bisa dihirup, tetapi terlalu besar untuk masuk ke paru-paru atau menimbulkan bahaya kesehatan lain. Rencananya, nanti juga akan diluncurkan Le Whif rasa kopi, keju, rempah, dan juga liquers.

Kehadiran Le Whif ini mendapat kritikan karena sebagian orang menilai menghirup aroma makanan, seperti cokelat, justru menambah keinginan untuk makan. Lagi pula, sensasi cokelat yang lumer di lidah belum tentu bisa digantikan oleh sekotak aerosol hirupan. (kompas.com)

No comments:

Post a Comment