Monday, April 26, 2010

10 Penemuan Besar China Jaman Dulu

Unik tapi Fakta - 10 Serbuk Mesiu:

(click to show/hide)
Dijelaskan dalam terbitan dari koleksi buku “tehnik militer paling penting”yg dususun oleh Zeng Goliang, Mesiu awalnya dibuat dari campuran kalium nitrat, arang dan belerang
Ini diasumsikan sebagai penemuan mesiu, karena Zeng menggambarkan tiga campuran bahan berbeda dan kemudian China menggunakannya sebagai sinyal suar dan kembang api, yg kemudian dipergunakan oleh militer sebagai rudimeter granat.
Seiring dgn perkembangan zaman, maka logam ditambahkan disamping 3 bahan campuran utama, pd saat inilah kembang api moderen lahir dan disusul dgn terciptanya bahan peledak proyektil seperti peluru.


9 Kompas :


Ket Gambar (Contoh yang paling awal kompas cina, digunakan untuk membaca nasib seseorang.)
Pada awalnya kompas yg diciptakan menunjuk ke selatan bukan utara karena mereka menganggap arah cardinal mereka adalah selatan. Kompas paling awal yg terbuat dari magnet diciptakan pada abad ke4 SM.

8 Kertas :
(click to show/hide)
Tidak jelas siapa yg pertama kali muncul dgn gagasan mengubah bhs lisan ke bhs tulisan. Ada info yg mengatakan bahwa bhs tertulis pertama dirumuskan dalam suatu pacuan kuda antara Sumeria di Mesopotamia (sekarang Harappa, Afganistan) dgn Kemites di Mesir.
Bahasa pertama muncul sekitar 5000 thn yg lalu, Setelah bahasa mulai berkembang, manusia mulai mengekresikan bahasa dgn cara mencoret2/menggambar/menulis pada permukaan suatu benda, seperti bambu, kulit, kulit kayu, tanah liat, papyrus, daun dan batu.

(click to show/hide)
Perubahan mulai terjadi setelah seorang pria bernama Cai Lun menemukan prototype kertas yg lebih maju. Sebelum terobosan Cai, orang2 china menulis pd bambu (bambu yg ditipiskan) dan pd kain sutra, tapi pd AD 105, Cai Lun menciptakan campuran serat kayu dan air kemudian di-pres kedalam kain tenunan. Dalam proses ini terciptalah kertas kasar.

7 Pasta:
Pada thn 2006, arkeolog menemukan semangkuk mie yg terkubur dalam tanah, berumur 4000 tahun di pemukiman Lajia, provinsi Qinghai didekat perbatasan Tibetian. Pasta yg tertua yg pernah ditemukan didunia. Itu terbuat dari dua jenis gandum millet, kedua jenis tsb telah dibudidayakan oleh China selama sekitar 7000 thn. Sampai saat ini orang2 China masih menggunakan biji2an tsb untuk membuat pasta.

6 Gerobak Tangan (Wheelbarrow)
(click to show/hide)
Konsep gerobak tangan ini ditemukan oleh Jugo Liang yg hidup pada masa pemerintahan dinasti Han, gerobak tangan pd mulanya digunakan untuk membawa benda2 yg berat. Penemuan ini mengalahkan keberadaan gerobak eropah yg mana gerobak masih dgn system dorong. (gerobak dorong). Gerobak tangan di china muncul 1000 tahun lebih awal dari gerobak eropah.



Awalnya, kendaraan ini dimaksudkan untuk tujuan militer. mereka digunakan sebagai barikade mobile serta untuk transportasi – Penemuan ini oleh orang China sempat dirahasiakan selama berabad-abad.
Dari cerita rakyat, orang yg punya andil dalam penemuan kereta dorong adalah seorang petani yg hidup pd abad pertama sebelum masehi yg bernama Ko Yu. Namun hal ini masih dipertanyakan, spekulasi bermunculan bahwa masih ada ikatan benang merah antara Jugo Liang dan Ko Yu.
5 Seismograph :
(click to show/hide)

Meskipun China tidak mengatakan dgn pasti bagaimana sebuah gempa diukur dgn skala richter (skala richter belum ditemukan sampai 1935) ,mereka tercatat berhasil menciptakan detector gempa pertama didunia, yaitu sesmograf. Penemu seimograf adalah Zhang Heng seorang astronom, matematik, engineer dan pelukis pd masa pemerintahan Dinasti Han awal abad kedua.
Kreasi seismograf Zhang Heng adalah berbentuk sebuah bejana perunggu yg berat dgn dihiasi 9 ekor naga yg menghadap kebawah dan 9 ekor katak yg menghadap keatas
Didalam bejana tergantung pendulum dlm keadaan diam sampai ada getaran yg menggerakkannya. Kesimpulannya, ayunan pendulum mengatur tuas gerakan internal seismograf. Hal ini akan memicu pelepasan bola di mulut naga yang menghadap ke arah episentrum gempa bumi. Bola kemudian akan langsung jatuh ke dalam mulut katak di bawah. Sistim kerja seismograf ini sangat sederhana, tetapi negara2 barat baru dapat mengembangkannya setelah 1500 tahun seismograf Zhang Heng tercipta.

(click to show/hide)

4 Alkohol:
Jejak2 alkohol ditemukan dalam pecahan tembikar oleh arkeolog di provinsi Hennan yg diperkirakan berumur 9000 tahun. Penemuan ini membuktikan bahwa Cina adalah yang pertama untuk membuat alcohol.
Pada awal abad ketiga SM, orang Cina telah menemukan cara untuk memperbaiki produk makanan seperti cuka dan kecap dengan menggunakan teknik fermentasi dan penyulingan, kemudian disusul dgn alcohol.

3 Layangan :
(click to show/hide)
Layang-layang telah menjadi bagian dari budaya Cina selama sekitar 2.400 tahun
Selama adab keempat SM, Gongshu Ban dan Mo Di, seorang pelindung seni dan seorang filsuf, masing2 membuat layang2 berbentuk burung merpati kemudian dinaikkan keudara dgn bantuan angina. Sepasang temuan baru tsb secara cepat tertangkap mata dan tersebar luas.



Seiring dgn berlalunya waktu, desain layang2 diperbaiki dan dimanfaatkan sebagai hiburan. Cara mudah memancing tanpa perahu adalah dgn layang2. Layang2 juga menjadi intrumen dlm aplikasi militer, untuk membawa dan menjatuhkan bahan peledak dipertahanan musuh. Pada thn 1232, layangan dipergunakan untuk menjatuhkan selebaran propaganda diatas perkemahan tawanan perang mongol.

2 Gantole :
(click to show/hide)

Seperti yang diketahui, layang-layang diciptakan oleh abad keempat SM Pada akhir abad keenam Masehi, Cina berhasil membangun aerodinamis layangan besar dan mampu untuk mengangkat rata-rata laki-laki.
Gantole dulunya digunakan untuk menghibur kaisar, kaisar mendapat kesenangan dgn menyaksikan penjahat yg dihukum dgn cara mengikatnya pd gantole, kemudian diterbangkan kedalam jurang.

1 Sutra :

Metode memanipulasi materi ulat sutra sudah ada sejak 4700 th yg lalu. Sebuah gulir berisi artikel tentang produksi sutra ditemukan di makam Liangzhu diciptakan selama periode 3330-2200 SM.
Orang2 China merahasiakan penemuan sutra dgn sangat ketat, tapi rahasia terbongkar juga, karena mereka kehilangan control ketika biarawan dari eropah berhasil mengambil telur/kepompong ulat sutra dan membawanya pulang kenegara asalnya.

No comments:

Post a Comment