Sunday, March 28, 2010

Jaring Laba-Laba Tertua Berumur 140 Juta Tahun

Unik tapi Fakta - Jaring halus laba-laba tertua di dunia ditemukan di Sussex, Inggris, Jaring yang diperkirakan sekitar 140 juta tahun lalu ditemukan dalam keadaan terawetkan didalam batu ambar. Batu itu terbentuk oleh getah damar yang menggenanginya lalu mengeras dan membatu. Dalam batu yang sama ditemukan juga sisa tanaman, kotoran serangga, dan mikroba purba.

peneliti Martin Brasier dari Universitas Oxford mengatakan bahwa :"Ini adalah jaring laba-laba paling tua yang pernah ditemukan menurut catatan fosil kami,"

untuk merekonstruksi kembali dan meneliti jaring tersebut beserta simpulnya.Martin Brasier dan rekan-rekannya memanfaatkan teknik komputerisasi yang disebut confocal microscopy. Beberapa hal, termasuk simpul yang disambung menggunakan cairan lengket, menunjukkan bahwa jaring tersebut dibuat oleh laba-laba yang berkerabat dengan laba-laba kebun modern. Sisa-sisa cairan lengket itu ikut terawetkan dalam batu ambar.

Martin Brasier juga mengatakan bahwa : “berdasar bentuk jaringnya, hewan ini memangsa serangga terbang, seperti lalat dan nenek moyang lebah, tawon, serta kumbang,"hal ini didasarkan pada Analisis mengenai jaring tersebut yang juga memberi petunjuk tentang makanan laba-laba.
Pada tahun 2006, para peneliti menemukan jaring laba-laba yang juga terawetkan dalam batu ambar. Usianya diperkirakan sekitar 136 juta tahun.

Sumber : livesciense



No comments:

Post a Comment