Monday, March 29, 2010

Daerah Terdingin di Muka Bumi

Unik tapi Fakta -Ilmuwan telah mengidentifikasi tempat yang dipercayai sebagai yang paling dingin di dunia. Lokasi yang dikenal dengan nama Ridge A itu terletak 14.000 meter dan berlokasi di dataran tinggi Antartika.

Saat musim dingin tempat itu memiliki rata-rata temperatur minus 70 derajat celcius dan sangat terpencil, sehingga diperkirakan belum ada manusia yang ke sana.

http://1.bp.blogspot.com/_JN7DyNvD1ow/SlKIKvJyK7I/AAAAAAAAAWE/69gXWe5noPM/s400/Lower+West+Ridge.jpg

Sebuah tim ilmuwan dari Amerika dan Australia mengidentifikasi Ridge A dari gambar satelit dan model klimatologi saat mencari lokasi observasi terbaik di dunia. Lokasi tersebut berada di teritorial antartika Australia, hampir 90 mil dari tempat observasi robot yang sudah lebih dulu ada.

http://www.alpinist.com/media/ALP18/alp18-93-1.jpg

Will Saunders, kepala studi mencatat bahwa selain suhu yang sangat rendah, lokasi tersebut memiliki kandungan air yang sangat rendah di udara. "Di sana begitu tenang dan hampir tidak ada angin bahkan cuaca," katanya.

http://www.science.unsw.edu.au/media/pics/site/imagecache/127FEFD33F439DA89CC86650BBFD1A67.jpg

Kombinasi dari seluruh elemen tersebut menjadikan tempat itu sangat sempurna untuk pos observasi astronomi. "Gambar-gambar astronomi yang diambil dari Ridge A, paling tidak tiga kali lebih tajam dari tempat yang biasa digunakan para astronom," kata Saunders.

http://2.bp.blogspot.com/_JN7DyNvD1ow/SlKKs7-udZI/AAAAAAAAAW0/DH-tF-n9U88/s400/West+Ridge+Couloir.jpg

http://www.snowhenge.net/images/articles/antarctica/damoy_ridge.jpg

Karena langit lebih gelap dan tidak berawan, berarti teleskop sederhana memiliki kekuatan yang sama dengan teleskop terbesar dimana pun di muka bumi. Para ilmuwan percaya jika teleskop yang diletakkan di lokasi tersebut dapat mendekati kualitas foto teleskop Hubble yang berada di luar angkasa. Saat ini tempat observasi terbaik di bumi terletak di atas sebuah gunung di Hawaii dan Chile.


Sumber :
unik-aja.blogspot.com




No comments:

Post a Comment