Saturday, April 3, 2010

Yang Kamu Belum Tahu, tapi Wikipedia Tahu. Lho kok bisa?

Unik tapi Fakta -
Kamu mungkin sudah tahu bahwa wikipedia adalah ensiklopedia terbesar, sesuai untuk penelitian hampir berbagai topik. Kamu bisa mencari istilah, tapi mungkin kamu belum tahu bahwa wikipedia memiliki banyak sekali fitur informasi lain yang bisa melakukan lebih dari membantumu dalam hal jurnal penelitian. Ini beberapa daftar nya:

TV Episode Guide. Masukkan kata kunci “list of ____ episodes”, ganti underscore dengan nama show yang ingin kamu cari, kamu akan lihat katalog setiap episode dan ringkasannya, disertai dengan trivia dan facoid lain.
Cliffs Notes Replacement, nggak pengen membaca buku-buku tebal untuk literatur? Jangan kuatir , wikipedia ada dipihakmu. Ketik nama dari buku , dan kamu akan diberikan ringkasan plot, tema, simbol, dan analisa mendalam lainnya.

Learning Activities.Ini asalnya dari Wikiversity, saudaranya tante wiki ini. Jika kamu adalah pelajar yang ingin melakukan praktek ekstra untuk pelajaran yang susah, atau guru yang mencari materi untuk PR murid, Wikivertsity menyediakan tutorial dan worksheet pada pelajaran mulai dari pemrograman AJAX sampai filosofi. Mungkin sekarang wikiversity belum terlalu komplit, tapi cukup banyak subyek yang dilengkapi tutorial yang panjang dan ditulis dengan baik.
Stock Images Collection. Butuh stok gambar yang bebas royalti untuk design web atau proyek desktop publishing kamu ? silahkan ke wikimedia, dimana kamu bisa browse gambar-gambar berdasarkan subyek, lisensi, atau pemilik. Jadi jika kamu butuh, misal, radioaktifnya si Diderot untuk presentasi besarmu pada investor, tersedia.
Music Database. Pengen nemu musik-musik baru? Wikipedia punya katalog ekstensif dari musik berbagai genre, membuat kamu lebih mudah menemukan band bergenre sama dengan yang sudah kamu sukai.
Time Capsule. Pengen tahu topik apa yang orang ramai membahasnya tahun lalu? Wikipedia mengarsip semua perubahan, jadi klik pada “history” tab pada bagian atas halaman dan kemudian “Earliest” pada bagian bawah, kamu bisa lihat artikel yang ditulis setahun lalu. Disamping menunjukkan aliran dan perubahan terus-menerus dari wikipedia, juga menawarkan sekilas tentang pemikiran orang tahun sebelumnya. Nilai tehnik ini akan terus meningkat bersamaan dengan bertambahnya usia wikipedia.
Future Planner. Seperti memundurkan waktu kebelakang, Wikipedia juga bisa maju ke depan. Wikipedia memiliki artikel yang merentang jauh ke millenium selanjutnya. Ingin melihat apa yang harus kamu jadwalkan 2008? Bagaimana tentang Piala Dunia 2038? Yakinkan (diasumsikan kamu nggak pernah mati) untuk mencatat tentang menguak kapsul waktu 8113 anno domini.
Trend Tracker.Mungkin yang lebih penting dari yang orang-orang cari di Google atau mesin pencari lain adalah apa yang orang teliti. Halaman ini menunjukkan artikel wikipedia yang paling populer. Misal, mengikuti Super Bowl, banyak orang meriset tentang Prince, dimana jumlah pencariannya sekarang meningkat.
A list of sexual positions, bagaimanapun tetap menjadi favorit. Yang membawa kita ke topik selanjutnya dan terakhir: Teacher of Sex Positions. Daftarnya lebih komprehensif dari kebanyakan buku topik ini, lengkap dengan gambar. Yup, kamu bahkan bisa menggunakan wikipedia untuk pornografi.
Itulah beberapa hal yang bisa dikuak dari begitu banyak hal yang diberikan wikipedia. Mungkin nggak semua yang di wiki tuh benar, setidaknya mendidik kan? Punya tambahan mungkin? (http://syant.wordpress.com)



No comments:

Post a Comment